Aplikasi Cek Gizi Jajanan Anak Sekolah Dari BPOM

Berita URepost dari Detik. Banyaknya variasi jajanan untuk anak di sekolah seringkali luput dari perhatian guru dan orang tua. Padahal makanan yang dikonsumsi oleh anak di sekolah memegang peranan penting dalam mencukupi status gizi anak. Oleh sebab itu, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pun meluncurkan aplikasi baru yang dapat digunakan untuk mengetahui kandungan zat gizi dari berbagai jajanan sekolah.

Aplikasi Cek Gizi Jajanan Anak Sekolah Dari BPOM

Aplikasi ini dinamakan 'Software Ayo Cek Gizi PJAS' atau Pangan Jajanan Anak Sekolah. Software ini dapat menghitung kandungan gizi pada lebih kurang 210 jenis PJAS. Zat gizi yang dapat dihitung antara lain energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, air, kalsium, besi, natrium, vitamin A, karoten total serta vitamin C. Selain dapat digunakan untuk mengetahui kandungan zat gizi dari jajanan yang dikonsumsi anak sekolah, dalam aplikasi ini juga bisa dilakukan pengecekan status gizi dan mengatur asupan gizi agar cukup.

"Beberapa hari lalu Dirjen WHO menyampaikan bahwa keamanan pangan harus senantiasa berdampingan dengan food and trushion security. Maknanya bahwa ketahanan pangan tak bisa diabaikan," ujar Kepala BPOM, Dr Roy A Sparingga, saat menyampaikan informasi peluncuran aplikasi tersebut di Gedung BPOM, Jl Percetakan Negara, Jakarta, Rabu (11/2/2015).

Aplikasi Cek Gizi Jajanan Anak Sekolah Dari BPOM

'Software Ayo Cek Gizi PJAS' ini dibuat dalam dua versi yakni versi desktop dan versi Android untuk diaplikasikan di smartphone. Tujuan dibuat versi mobile ini adalah supaya aplikasi ini bisa lebih mudah digunakan, terutama oleh orang tua saat memantau jajanan anak di sekolahnya. Aplikasi ini sendiri dapat diunduh di situs Klub Pompi milik BPOM di www.klubpompi.pom.go.id.

Sumber: Detik