KURIO - Aplikasi Pintar Dalam Memberikan Berita

Berita URepost dari Detik. Jika Anda senang membaca konten bervariasi hanya dari satu aplikasi, ada satu hasil karya developer lokal yang bisa dicoba. Kurio, aplikasi mirip Flipboard dan sejenisnya yang ingin membuat penggunanya rajin membaca dan penasaran mencari informasi.

KURIO - Aplikasi Pintar Dalam Memberikan Berita

“Kurio itu awalnya dari curious yang merupakan akar kata dari curiosity, berarti penasaran. Tapi kan kepanjangan kalau curiousity. Jadi Curio, di Indonesia-in jadi Kurio,” kata David Wayne Ika, CEO sekaligus Founder Kurio saat ditanya mengenai asal mula penamaan aplikasinya yang terdengar seperti bahasa Jepang. Beranjak dari sini, Kurio ingin membuat pengguna Indonesia selalu penasaran dengan informasi dan ikut mendukung budaya gemar membaca melalui aplikasi. Di Kurio, pengguna bisa menemukan konten yang bisa dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya. User bisa menentukan konten apa yang ingin dibaca, menjelajah berbagai pilihan dan memilih beberapa topik untuk secara rutin dibaca.

Tak hanya fokus pada konten berita, tetapi juga berbagai informasi menarik seperti startup, content marketing, digital marketing, media sosial, dan lain-lain. Bahkan ke depannya, dikatakan David aplikasinya ingin tak sekadar menampilkan berita dari news portal. “Memang kalau untuk pertama lebih mudah kita memperkenalkan sebagai news app ketimbang harus menjelaskan panjang lebar. Tapi ke depannya kita gak hanya news, tetapi kita ingin juga menjadi platform bagi publisher, brand, advertiser, blogger untuk mereka menampilkan konten mereka di kita,” ujarnya.

KURIO - Aplikasi Pintar Dalam Memberikan Berita

Kurio mengadopsi pengalaman membaca seperti di majalah dengan user interface khas berupa kipas warna warni. Di kipas ini tertera pilihan konten atau kategori. Namun tampilan kipas ini berlaku di smartphone. Untuk Kurio versi tablet, tampilannya berbeda, kipas warna-warni ditampilkan berjajar dari atas ke bawah. Resmi dirilis Januari tahun lalu, aplikasi di Android dan iOS ini ingin melebarkan sayap dengan menggandeng lebih banyak publisher. Sejumlah portal dan brand juga digandengnya untuk menyajikan konten di Kurio.

Namun David tidak menyebutkan ada berapa mitra yang sudah bekerjasama dengan aplikasi ini. Yang jelas, dengan kehadiran versi tabletnya yang akan dirilis pada pertengahan Maret, Kurio ingin menambah jumlah pengguna. “Saat ini di smartphone sudah 100 ribu download. Dalam 12 bulan ke depan kita targetkan ada 1 juta pengguna total smartphone dan tablet. Karena kita untuk sampai di 100 ribu ini masih tanpa marketing jadi ya kira-kira bisa target segitu,” ujarnya optimistis.

Sumber: Detik